Friday, January 4, 2008

Menjadi Kaya Dengan Menulis

Menjadi Kaya Dengan Menulis
Pengarang :Rs. Rudatan
Penerbit: Andi
Tahun: 2006

******************************************


“95% keberhasilan menulis ditentukan oleh sikap”

Buku yang diterbitkan oleh penerbit Andi ini menjabarkan tentang tips-tips menulis baik bagi pemula maupun bagi para praktisi penulis. Terdiri dari 204 halaman, buku yang padat isi mengupas habis tentang apa saja yang perlu kita lakukan untuk menjadi penulis serta kiat-kiat apa yang perlu dilakukan untuk mempublikasikan tulisan-tulisan kita.

Rudatan mengawali penjelajahan ini dengan mengklasifikasikan kelompok penulis menjadi 4 bagian. Kelompok pertama adalah mereka yang belum pernah menulis karangan sama sekali tetapi mempunyai hasrat untuk menulis di media massa. Mereka memang mempunyai keinginan yang besar untuk menulis tetapi belum mengerti tata caranya.

Kelompok kedua adalah mereka yang sudah pernah menulis atau beberapa kali menulis dan satu dua kali mengirimkannya ke suatu media tetapi tulisan mereka belum ada yang dimuat dan mereka kemudian berhenti menulis. Sekarang mereka berhasrat lagi untuk menulis.

Kelompok ketiga adalah mereka yang sudah pernah beberapa kali menulis. Satu-dua tulisan mereka telah dimuat di media massa, tetapi kemudian mereka berhenti menulis. Lalu sekarang ingat, ingin kembali menulis dan ingin tulisannya dimuat di media massa serta memetik hasil secara finansial yang memuaskan.

Kelompok keempat adalah mereka yang sudah sering menulis dan sering pula dimuat. Mereka sudah punya pengalaman, baik dalam hal teknik menulis maupun cara mengirimkan tulisan hingga dimuat di media massa.

Bagian yang paling seru, menurut saya ialah pada bagian tiga. Rudatan menjelaskan tentang pembagian pengiriman media dan hasil finansial yang dapat diperoleh oleh seorang penulis apabila mereka konsisten dan tidak menyerah. Dia menggambarkan dengan bagan, bagaimana kita mengirimkan tulisan kita ke media massa dan bagaimana tips yang perlu dilakukan agar kita tidak melanggar peraturan yang ada saat mempublikasikan tulisan kita. Penjabarannya sangat sistematis sehingga mudah untuk dimengerti.

Fiuh.... panjang juga yah:D Nah, yang menarik dari buku ini adalah, (ini menurut saya loh:D) buku ini padat berisi. Kalo di dalam forum itu istilahnya sedikit “OOT” (baca: out of topic). Jadi dari awal sampe akhir kalo mau dicatat pun sepertinya semua perlu dicatat. Buku ini terbagi menjadi tujuh bagian. Mulai dari dukungan dan bantuan motivasi untuk menulis, cara mencari ide hingga daftar alamat media cetak se-pulau Jawa. Dikemas dalam bahasa yang mudah dimengerti, buku ini layak untuk dibaca oleh semua orang, terutama bagi yang sedang berniat untuk menulis. Tertarik untuk menulis?


No comments:

Post a Comment

Hi!! Thank you for visiting my blog. I am very excited to read your comments. Make yourself at home.